Sabtu, 10 Agustus 2013

Pengertian Sistem Politik Indonesia

Pengertian Sistem politik indonesia merupakan bahasan selanjutnya oleh Sistem Pemerintahan Indonesia Ku. Pengertian sistem politik indonesia ini merupakan sebuah pengertian dan penjelasan yang sangat menjabar mengenai sistem politik indonesia.

Dalam informasi ini, kami akan memberikan sekilas informasi yang memang penting untuk diketahui anda untuk menjadi seorang yang ahli dalam bidang politik. Tentu, memang bukan lah jaminan untuk menjadi seorang yang pintar dalam bidang politik, tetapi dengan mengetahui ilmunya maka untuk menjadi orang yang pintar ini adalah hal yang sangat mudah saja.

Pengertian sistem politik indonesia ini ada banyak acuannya. Karena setiap orang memiliki pendapat yang berbeda beda mengenai sistem politik indonesia ini. Semua orang suka untuk mendebatkan mengenai pengertian dari sistem politik indonesia ini.  Entah apa yang mereka sukai mengenai perdebatan itu.

Yah, kali ini Sistem Pemerintahan Indonesia akan memberikan informasi dalam pengertian sistem politik indonesia untuk memudahkan anda dalam memahami informasi ini.
pengertian sistem politik indonesia pada sistem pemerintahan indonesia


Singkat Cerita Tentang Sistem Politik Indonesia

Dalam penjelasan singkat mengenai sistem politik indonesia ini, akan dijelaskan secara singkat mengenai sistem politik indonesia tersebut. Sistem Politik Indonesia bisa diartikan sebagai kumpulan berbagai kegiatan dalam negara Indonesia yang terkait dengan kepentingan umum. Yang termasuk kepentingan umum ini seperti, pengambilan keputusan, proses penentuan tujuan, seleksi dan penyusunan dalam skala prioritasnya.

Jika sistem politik indonesia ini ingin mencapai cita cita bangsa dan mencapai tujuannya maka harus bisa sesuai dengan UUD 1945 dan Pancasila. Politik negara ini dalam menyelenggarakan politiknya yaitu mendayagunakan segala kemampuan alat negara, seluruh penyelenggaraan politik dengan mendayagunakan dan memanfaatkan segenap daya dan dana demi mencapai tujuan nasional dan bisa melaksanakan tugas negara seperti yang dituangkan dalam UUD 1945.

Sistem politik ini terdiri atas berbagai sub sistem karena merupakan suatu sistem. Sistem politik ini seperti antara lain sistem pemilu, sistem kepartaian, dan juga sistem budaya politik dan sistem peradaban politik. Sistem politik ini akan semakin terus berkembang sesuai dengan perkembangan fungsi dan tugas pemerintahan serta perkembangan dan perubahan yang memang ada dalam faktor lingkungan.

Politik ini sendiri adalah semua lembaga yang ada didalam konstitusi negara. Dalam memberikan dan menyusun keputusan kebijaksanaan diperlukan adanya kekuatan yang memang seimbang dan juga bisa kerja sama yang baik antara infrastruktur politik dengan suprastruktur politik sehingga bisa mencapai cita cita negara.

Yang dimaksud dalam suprastruktur politik adalah Lembaga lembaga negara. Apa aja lembaga negara itu? lembaga negara yang diatur dalam UUD 1945 yakni DPD, Presiden, MPR, Wakil Presiden, DPR, Komisi Yudisial, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi. Lah, lembaga lembaga inilah yang akan membuat keputusan yang memang berkaitan dengan kepentingan umum.

Prinsip Prinsip Pengertian Sistem Politik Indonesia

Jika kamu tahu, sistem politik yang ada di Indonesia itu adalah sistem politik yang menganut demokrasi pancasila. Sistem Politik Demokrasi Pancasila itu adalah sistem politik yang didasarkan kepada nilai nilai luhur, prosedur, prinsip dan kelembagaan yang demokratis.

Prinsip-prinsip pengertian sistem politik indonesia:

1. pemilu yang bebas

2. negara berdasarkan atas hukum

3. partai politik lebih dari satu yang dapat menyelesaikan tugasnya.

4. pemerintah mayoritas

5. pembagian kekuasaan yudikatif, eksekutif, legislatif yang berada pada badan yang berbeda.

6. jaminan terhadap kebebasan individu dalam batas batas tertentu.

7. pemerintah berdasarkan konstitusi

itu merupakan prinsip dari pengertian sistem politik indonesia. jika memang sudah mengerti mengenai pengertian sistem politik indonesia, maka prinsip prinsip ini berhubungan satu sama lain. Sistem politik demokrasi pancasila akan rusak jika ada salah satu komponen yang ditiadakan.

Sebagai contoh,  dalam sebuah negara tersebut hanya ada 1 partai politik, maka dari contoh tersebut negara tersebut sulit untuk dikatakan demokrasi. Kenapa? karena rakyat tidak mempunyai pilihan lain untuk memilih partai politik berikut sehingga tidak ada pengakuan akan kebebasan rakyat dalam berserikat.

Sistem Pemerintahan Indonesia Ku telah berhasil merilis artikel baru tentang Pengertian Sistem Politik Indonesia, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.