Kamis, 08 Agustus 2013

Sistem Pemerintahan Parlementer

Sebelum memberikan informasi mengenai sistem pemerintahan parlementer, kita juga harus bisa menebak dulu seperti apakah sistem pemerintahan parlementer itu? yah, kita harus dituntut untuk aktif lah inilah saatnya untuk mengembangkan otak kalian agar bisa menjadi lebih bermanfaat.

Dalam artian kata kata pembentuknya, kita tahu sendiri apa sih parlemen itu? pasti lembaga yang mengawas mengawasi bukan? yah,, itu tebakan yang benar. dan sistem pemerintahan parlementer ini merupakan kebalikan dari sistem pemerintahan presidensial maka dengan mudah di kira-kira kalau yang bertanggung jawab penuh adalah parlemen.

Jika kamu sudah bisa mengarang seperti apakah itu sistem pemerintahan parlementer maka kami bisa memberikan informasi yang lebih jelas lagi mengenai sistem pemerintahan satu ini.
sistem pemerintahan parlementer pada sistem pemerintahan indonesia




Pengertian Sistem Pemerintahan Parlementer


Sistem pemerintahan parlementer itu adalah sebuah sistem pemerintahan yang dimana para parlemen memiliki peranan yang penting dalam mengurus pemerintahan. Salah satu wewenang parlemen adalah mengangkat perdana mentri dan bukan hanya itu saja, parlemen juga bisa menjatuhkan pemerintahan, bagaimana caranya? yaitu dengan cara mengeluarkan semacam mosi tidak percaya.

Hal ini sangatlah berbeda dengan sistem pemerintahan presidensial bukan? iya tentu benar. karena sistem pemerintahan presidensial itu dimana parlemennya dapat memiliki seorang presiden dan juga seorang perdana menteri, mereka masing masing bertugas yang berwenang terhadap jalannya pemerintahan.

Dalam sistem presidensial, presiden berwenang terhadapa jalannya suatu pemerintahan, tetapi tidak untuk sistem pemerintahan parlementer. Presiden dalam sistem ini hanya dijadikan sebagai kepala negara saja.

Dalam sistem pemerintahan parlementer, tidak ada sebuah pemisahan kekuasaan seperti di presidensial tetapi yang jelas antara cabang eksekutif dan cabang legislatif, menuju kritikan dari beberapa orang yang merupakan seorang tokoh dalam masyarakat yang merasa kurangnya sebuah pemeriksaan yang ditemukan dalam republik kepresidenan.


Penjelasan Singkat Sistem Pemerintahan Parlementer


Kali ini akan dibahas secara singkat apa itu sistem pemerintahan parlementer. Bila kamu memang ahli sejarah maka kamu pasti tahu kalau sistem pemerintahan parlementer saat itu dipuji pujikan, dibandingkan dengan sistem presidensial. Apakah kamu tahu karena apa ? Karena tanggapan dan kefleksibilitasnya kepada publik masyarakat.

Tanpa masyarakat tahu kekurangannya. tetapi, apapun yang jelek pasti akan ketahuan seperti bunyi pepatah. Kekurangannya adalah sistem ini selalu mengarah ke pemerintahan yang bisa dikatakan kurang stabil. Contohnya bisa dilihat seperti Republik Weimar, Jerman dan juga Perancis.

Sistem pemerintahan parlementer mempunyai sebuah corak khusus, yaitu dalam sistem pemerintahan parlemen memiliki sebuah perbedaan yang jelas antara kepala negara dengan kepala pemerintahan. Yang menjadi sebagai kepala pemerintahan adalah seorang perdana menteri yang telah ditunjuk oleh parlemen. Dan kepala negaranya adalah seorang presiden.

Kepala negara dalam hal ini hanya memiliki sedikit kekuasaan dan juga bersifat seremonial. Tetapi, ada juga seorang presiden yang dipilih dari banyak kuasa yang untuk menjadikan sebagai kepala negara, yang memberikan keseimbangan dalam sistem pemerintahan parlemen ini.

Beberapa negara yang menganut sistem pemerintahan parlemen dari zaman dahulu sampai sekarang adalah negara Inggris, Singapura, Belanda, Malaysia, Jepang dan masih ada yang lain.

Yah, itu beberapa informasi seputar sistem pemerintahan parlementer yang telah sukses dijadikan artikel ketiga oleh Sistem Pemerintahan Indonesia Ku.