Jumat, 09 Agustus 2013

Pengertian Sistem Politik

Anda mencari informasi mengenai pengertian sistem politik? Yah, kali ini Sistem Pemerintahan Indonesia Ku akan memberikan informasi mengenai pengertian sistem politik. ini dimaksudkan untuk melengkapi postingan sebelumnya yaitu sistem politik indonesia yang memang belum se sempurna informasinya, jadinya menyusul deh informasi yang lain.

Dalam memberikan pengertian sistem politik ini kita tidak harus dan tidak wajib harus sama seperti yang saya kasih tahukan tetapi, anda harus bisa memahami dari informasi yang Sistem Pemerintahan Indonesia Ku ini berikan karena mengingat hal dalam jangka waktu yang panjang itu benar benar sulit.

sistem politik? kemarin sudah dibahas satu persatu mengenai arti dari sistem maupun politik, sebagai gambaran bahwa sistem politik itu adalah seperti itu. Oleh sebab itu anda 25% harus bisa mengira ngira apa sih pengertian sistem politik itu tersebut.

Yah, dari pada panjang lebar dan tidak karuan artikel ini :D maka langsung saja ke pembahasan Pengertian sistem politik.
pengertian sistem politik pada sistem pemerintahan indonesia


Pendapat Kelompok Ahli Pertama Mengenai Pengertian Sistem Politik

Dalam kelompok pertama yang menyebutkan pengertian sistem politik itu menyatakan kalau sistem politik adalah berbagai macam kegiatan yang memang bekerja dalam suatu kesatuan yaitu negara maupun masyarakat. Ini merupakan persamaan dari pendapat para ahli yang memang sudah dikenal oleh banyak masyarakat.

Sedangkan menurut Almond sendiri, bahwa sistem politik itu adalah sebuah interaksi yang terjadi di masyarakat yang bebas merdeka yang bisa menjalankan fungsi adaptasi dan integrasi.

Sedangkan menurut Rober A. Dahl bahwa sistem politik itu sendiri adalah pola tetap dari hubungan antara manusia yang banyak melibatkan sampai pada sebuah titik tertentu, pengaruh, wewenang, control ataupun kekuasaan.

Pendapat kelompok pertama untuk pengertian sistem politik sudah di jlentrehkan diatas, dan dibawah pendapat kelompok kedua soal pengertian sistem politik.

Pendapat Kedua Mengenai Pengertian Sistem Politik

Sistem Politik menurut pendapat Drs. Sukarno merupakan sekumpulan prinsip, pendapat yang dapat membentuk kesatuan yang bisa berhubungan satu sama lain untuk bisa mengatur pemerintahan serta melaksanakan kekuasaan dan juga mempertahankannya dengan cara mengatur kelompok maupun individu dengan negara dan negara dengan negara lain.

Menurut Rusadi Kartaprawira, dia mengatakan bahwa sistem politik itu adalah Mekanisme seperangkat fungsi dalam struktur politik yang berhubungan antara satu sama lain dengan menunjukkan suatu proses yang permanen atau langgeng.

Dengan itu, kita bisa melihat pengertian sistem politik itu sendiri. kesimpulan bahwa sistem politik itu adalah mekanisme suatu perangkat peranan dan juga fungsi dalam struktur politik yang mempunyai hubungan satu sama lain dengan menunjukkan suatu proses yang secara langsung memandang dimensi waktu yang melampaui masa sekarang dan masa depan.

Dengan dirilisnya artikel tentang Pengertian Sistem Politik oleh Sistem Pemerintahan Indonesia, baca juga artikel sebelumnya yaitu Sistem Politik Indonesia, semoga bermanfaat.