Kamis, 08 Agustus 2013

Sistem Pemerintahan Presidensial

Mencari informasi mengenai sistem pemerintahan presidensial bukan? jika tidak, maka ngapain tengok kesini. :D yah dilihat dari namanya saja sudah menunjukkan kalau sistem pemerintahannya itu presiden yang bisa kita ambil dari kata presidensial. Tetapi, hanya sesingkat itukah penjelasan mengenai sistem pemerintahan presidensial itu? saya jawab " ya tentu tidak sesingkat itu!"

Dilihat dari segi manapun seorang politikus pasti akan memberikan pendapat pendapatnya mengenai sistem pemerintahan presidensial ini. kenapa tidak? lihat di televisi, mereka saling memperdebatkan suatu masalah tetapi masalah yang mereka debatkan itu bukan ditindak lanjuti tetapi hanya dibiarkan saja. lalu apa yang mereka perbuat? ya itulah sistem pemerintahan di indonesia. (loh kok malah ngomongin orang sih :D)

Ya, daripada sudah tidak sabar untuk mengerti apa sih sistem pemerintahan presidensial itu, daripada saya membuat anda semakin kepo atau mempunyai rasa pengen tahu yang luar biasa, maka Sistem Pemerintahan Indonesia Ku akan memberikan tipsnya yang sebagai berikut.
Sistem Pemerintahan Presidensial pada sistem pemerintahan indonesia
Berikut merupakan bagan dari sistem pemerintahan presidensial


Pengertian Sistem Pemerintahan Presidensial

Sistem pemerintahan presidensial adalah sebuah sistem pemerintahan yang dimana sebuah badan eksekutif dan legislatif mempunyai kedudukan yang bersifat independen. jika anda tahu, sistem pemerintahan presidensial seperti sistem pemerintahan parlementer yang kedua badan tadi yaitu eksekutif dan legislatif tidak berhubungan secara langsung.

Dalam Sistem pemerintahan presidensial kedaulatan negara dipisahkan menjadi tiga golongan kekuasaan yaitu eksekutif, legislatif dan satu lagi yaitu yudikatif yang memang secara ideal dinamakan sebagai "Trias Politica" yang dipopulerkan oleh Montesquieu.

Berdasarkan hal ini, mereka dipilih oleh rakyat secara terpisah karena sistem pemerintahan presidensial ini benar benar tidak mengenal adanya lembaga yang menjadi pemegang supremasi hukum tertinggi. untuk itu, presiden dan juga wakilnya dipilih oleh rakyat dengan seadil adilnya.

Konsentrasi yang terjadi pada sistem pemerintahan ini ada pada presiden sebagai kepala negara dan sekaligus kepala pemerintahan. sedangkan fungsi para menteri dalam hal ini adalah sebagai pembantu presiden dalam melaksanakan tugas tugasnya, sehingga mereka harus bertanggung jawab kepada presiden karena mereka diangkat oleh presiden.

Penjelasan Sistem Pemerintahan Presidensial


Bentuk MPR sendiri dalam sistem pemerintahan presidensial adalah sebagai majelis permusyawaratan-perwakilan, ini dipandang bahwa bangsa indonesia lebih sesua dalam corak hidup kekeluargaan.  Dan oleh sebab itu lebih bisa menjamin pelaksanaan demokrasi politik ekonomi untuk bisa mencapai terciptanya keadilan sosial, dan sebagai ciri bahwa negara indonesia adalah negara demokrasi.

Dalam struktur pemerintahan indonesia, Alat negara yaitu MPR ini berkedudukan sebagai supreme power dan penyelenggara negara yang tertinggi. sedangkan DPR adalah yang merupakan bagian dari MPR yang berfungsi sebagai legislatif. Presiden dalam hubungannya dengan MPR, presiden menjadi mandataris MPR yang menjalankan tugas MPR sebagai pemilik kekuasaan eksekutif tertinggi.

Dalam hal ini, presiden dan DPR bersama sama menyusun undang undang seperti sistem pemerintahan parlementer. Sistem presidensial ini diberitakan mampu menciptakan sebuah pemerintahan negara yang berasaskan kekeluargaan yang memicu stabilitas dan efektivitas yang tinggi.

Karena ini, pihak legislatif bisa lebih berlapang dada dalam membuat UU karena tidak ada rasa yang saling menjatuhkan seperti pada masa pemerintahan parlementer sehingga memicu jatuh bangunnya pemerintahan. Sistem pemerintahan presidensial ini mempunyai kelebihan dalam bidang stabilitas pemerintahan dengan demokrasi yang lebih besar dengan menekankan pemerintahan yang lebih terbatas.

Kekurangan dari pemerintahan presidensial ini adalah Deadlock! deadlock adalah kemandekan, eksekutif dan legislatif, pemerintahan dengan sistem pemerintahan ini akan lebih eksklusif dan kekakuan yang temporal.

Sistem Pemerintahan Indonesia Ku telah berhasil merilis artikel kedua mengenai Sistem Pemerintahan Presidensial, semoga bermanfaat.