Kamis, 08 Agustus 2013

Ciri Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial

Dalam bahasan kemarin tentang sistem pemerintahan presidensial, maka kali ini Sistem Pemerintahan Indonesia Ku akan memberikan informasi mengenai ciri ciri sistem pemerintahan presidensial. karena dalam postingan sistem pemerintahan presidensial belum dibahas mengenai ciri ciri sistem pemerintahan presidensial.

Karena belum dibahasnya informasi ini, maka dalam kesempatan kali ini Sistem Pemerintahan Indonesia Ku akan membahasnya agar informasi yang bisa kami berikan bisa lebih banyak dan juga bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkan informasi ini.

Ciri ciri sistem pemerintahan presidensial ini sangatlah penting, karena bagaimana kamu bisa tahu bahwa sistem dari suatu pemerintahan itu bisa dikatakan presidensial kalau kamu belum bisa mengertia apa sih yang menjadi ciri dari sistem pemerintahan presidensial itu.

Sebelum beranjak dalam pembahasan ciri ciri sistem pemerintahan presidensial, maka Sistem Pemerintahan Indonesia Ku akan membahas sedikit informasi mengenai pengertian singkat sistem pemerintahan presidensial itu sendiri setelah postingan kemarin yaitu sistem pemerintahan parlementer.
ciri ciri sistem pemerintahan indonesia pada sistem pemerintahan indonesia



Ciri Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial? Ketahui Pengertian Singkat Dulu!


Sistem presidensial itu sendiri biasa disebut dengan sistem kongresional. Sistem pemerintahan presidensial merupakan sistem pemerintahan negara yang dimana kekuasaan eksekutif dipilih melalui pemilu yang dilakukan masyarakat dan terpisah dengan kekuasaan legislatif.

Dan ada seorang ahli politik yang menyimpulkan bahwa pemerintahan presidensial itu harus terdiri dari 3 unsur berikut ini :

1. Presiden dengan dewan perwakilan tidak bisa saling menjatuhkan karena mempunyai masa jabatan yang tetap.

2. Antara badan eksekutif dan legislatif tidak ada status yang tumpang tindih antara dua alat negara ini.

3. Presiden yang dipilih rakyat melalui pemilu bertugas memimpin pemerintahan dan mengangkat pejabat seperti para menteri untuk membantu tugasnya.

Yah,, seputar informasi yang cukup untuk mengingatkan anda secara singkat mengenai sistem pemerintahan presidensial, oleh sebab itu, maka informasi yang paling penting yaitu ciri ciri sistem pemerintahan presidensial akan langsung dibahas di bawah ini.


Ciri Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial


Yah,, mungkin untuk menyingkat waktu anda dalam membaca, maka saya akan langsung memberikan informasi nya karena saya sudah tidak ingin basa basi lagi. :D oke, berikut ciri ciri sistem pemerintahan presidensial :

Ciri-ciri pemerintahan presidensial yaitu :
1. Ciri ciri pemerintahan presidensial yang pertama adalah kekuasaan eksekutif tidak bertanggung jawab mengenai kekuasaan yang lain seperti kekuasaan legislatif.

2. Ciri ciri pemerintahan presidensial yang kedua adalah Presiden mempunyai hak prerogratif atau biasa disebut dengan hak istimewa yaitu untuk mengangkat dan memberhentikan menteri yang mengepalai non departemen maupun departemen.

3. Dikepalai oleh seorang presiden yang berperan sebagai kepala negara dan juga sebagai kepala pemerintahan.

4. Legislatif tidak punya hak untuk menjatuhkan kekuasaan eksekutif.

5. Menteri menteri hanya bertanggung jawab kepada eksekutif bukan kepada kekuasaan legislatif.

6. Ciri ciri sistem pemerintahan presidensial yang terakhir adalah Rakyat memilih langsung kekuasaan eksekutif presiden ataupun melalui badan perwakilan rakyat.

Sistem Pemerintahan Indonesia Ku telah memberikan informasi mengenai ciri ciri sistem pemerintahan presidensial, untuk informasi yang selanjutnya silahkan berlanggan content aja dengan Sistem Pemerintahan Indonesia Ku.