Jumat, 09 Agustus 2013

Sistem Politik Indonesia

Sistem Pemerintahan Indonesia Ku kali ini akan mencoba memberikan informasi yang berjudul sistem politik indonesia. Sistem politik indonesia ini sangatlah penting untuk dipelajari pada saat ini. kenapa begitu? bagaimana bisa menjadi orang penting didalam pemerintahan kalau tidak tahu tentang sistem politik indonesia.

Sistem politik di indonesia saat ini sangatlah terasa, bagaimana tidak? karena disemua aspek kehidupan hampir semuanya dikuasai oleh politik. Karena itu, sistem politik indonesia ini juga akan sangat dibutuhkan penjelasannya agar kita semua bisa paham apa yang dimaksud dengan sistem politik indonesia ini sendiri.

Sistem politik ini memang sedikit melenceng sedikit dari judul blog ini, tetapi itu bukanlah sebuah masalah karena Sistem Pemerintahan Indonesia Ku memberikan berbagai informasi yang seputar sistem sistem pemerintahan apalagi terutama indonesia.

Baiklah, sebelum kita mengenal lebih jauh tentang sistem politik indonesia, maka kita juga harus mengetahui asal mula kata yang membentuk sistem politik indonesia itu, berikut informasi mengenai sistem politik indonesia.
sistem politik indonesia pada sistem pemerintahan indonesia




Arti Sistem Pada Sistem Politik Indonesia


Sistem, kita tahu kan sistem apa itu? Menurut Pamudji sistem itu merupakan suatu keseluruhan dan kebulatan yang terorganisis, atau komplek, atau bisa juga suatu perpaduan hal hal yang membentuk suatu kebulatan yang komplek dan utuh.

Bukan hanya itu saja, didunia ini banyak pendapat dalam membahas pengertian sistem itu sendiri. sistem ada yang artinya kerjasama sebuah kelompok yang berkaitan secara utuh, apabila salah satu ada yang terganggu maka yang lain akan mengerasakan juga.

Tetapi, jika memang terjalin suatu kerja sama maka akan benar benar tercipta hubungan yang kuat dan sinergis. Sebagai contoh sistem ialah pemerintah indonesia itu sendiri, dan yang menjadi anak cabang bukan lain adalah sistem pemerintahan daerah itu sendiri.

Itu semua terus sampai di sistem pemerintahan desa dan kelurahan, karena itu sistem pemerintahan dan politik itu saling terkait dan maka sebab itulah kita juga harus bisa mengerti dan memahami sistem politik itu sendiri.



Arti Politik Pada Sistem Politik Indonesia


Politik dalam istilah ketatanegaraan itu berkaitan erat dengan tata cara pemerintahan. Apalagi dasar-dasar pemerintahan, atau pun juga dalam hal kekuasaan negara. Politik ini sendiri sebenarnya digunakan untuk tujuan masyarakat yang pada dasarnya menyangkut tujuan masyarakat bersama, bukan untuk tujuan pribadi.

Seperti kegiatan partai politik, organisasi masyarakat, dan tentara merupakan kesangkutan dengan politik. Politik ini jika dalam bahasa arab dikenal dengan nama "siyasyah" yang oleh masyarakat indonesia diterjemahkan menjadi siasat dalam dalam bahasa internasional atau bahasa inggris yaitu "politics".

Dan dilihat dari asal mula kata politik yaitu "polis" yang artinya adalah negara kota. Yah bisa disimpulkan bahwa politik itu ada hubungan yang khusus antara manusia yang hidup dilingkungan ini untuk hidup bersama, dalam hubungan itu timbul sebuah aturan, dan juga sebuah kewenangan yang akhirnya kembali lagi ke kekuasaan.

Walaupun pengertian tadi terdengar sangat menyeramkan, tetapi politik itu juga bisa dikatakan kebijaksanaan dan kekuasaan pemerintah. Politik juga bisa disebut dengan seni. Kenapa? karena banyak orang yang ahli politik tanpa pernah belajar ilmu politik  dikarenakan dengan bakat yang dibawa lahirnya.

Dengan ini dapat disimpulkan bahwa politik itu adalah interaksi yang dilakukan masyarakat dengan pemerintah dalam proses pembuatan keputusan dan kebijakan yang mengikat tentang sebuah kebaikan bersama masyarakat yang memang tinggal dalam suatu daerah.

Yah, sudah cukup dahulu mengenai artikel Sistem Politik Indonesia, postingan berikutnya akan dibahas mengenai pengertian sistem politik indonesia agar kamu bisa lebih paham untuk itu. Sistem Pemerintahan Indonesia Ku sudah selesai dalam membahas sistem politik indonesia, semoga bermanfaat.